Bicara soal keuntungan, tak lepas dari proses jual beli dimana ada kesepakatan antar penjual dan pembeli untuk mendapatkan kesepakatan harga dan menguntungkan kedua belah pihak. Sebagai seorang pembeli anda harus pintar-pintar dalam memilih produk yang ingin anda beli supaya dikemudian hari bisa menguntungkan buat anda sekaligus membuat anda puas atas semua kinerja yang telah anda lakukan.
       Menurut hasil survey diluaran, ada sekitar 80% orang memilih membeli properti karena dorongan emosi sehingga hasil akhirnya pun tidak sesuai dengan harapan. Lantas bagaimana cara memilih properti yang menguntungkan? Setidaknya ada 8 poin penting bagi anda calon pembeli yang harus diperhatikan dalam memillih properti yang menguntungkan, yaitu sebagai berikut :

1. Anda harus jeli dalam melihat waktu yang tepat untuk membeli properti.
Prinsip bidang properti adalah membeli disaat harga sedang rendah dan menjual saat harga sedang tinggi. Sebagai contoh Pak wahyu tahun lalu membeli rumah dengan harga Rp.550juta dan tahun ini harga rumah yang dibelinya masih sama. Berarti secara rill harga turun dan inilah waktunya untuk membeli.

2. Anda harus memilih lokasi yang tepat dan strategis.
Memilih properti berdasarkan lokasi adalah pilihan yang sangat tepat. Lokasi di pusat kota merupakan kawasan yang memiliki prospek bagus dengan jaminan kenaikan harga terus-menerus, juga harus diperhatikan lokasinya harus dekat dengan fasilitas umum, seperti sarana hiburan, dan lain-lain serta mudah diakses. Bisa juga anda memilih lokasi yang kemungkinan besar harga propertinya akan terus meningkat dengan adanya prospek pembangunan. Lokasi yang strategis dan prospektif biasanya berada di kawasan segitiga emas, maksudnya yakni berada di sekitar kawasan usaha perkantoran, bisnis, dan pertumbuhan ekonomi.

3. Anda harus memperhatikan sumber pembiayaan.
Dalam hal ini, investor harus cermat untuk berfikir dalam memilih pembayaran secara tunai, kredit, atau tunai bertahap untuk membiayai investasinya. Ini semua tergantung kepada kemampuan investor juga pada keadaan sekarang.

4. Anda harus mencermati jenis investasi
Jenis properti berupa kantor, kondominium dan retail masih sangat prospektif untuk dijadikan investasi. Tingkat pengembalian apartemen dan kondominium menempati posisi teratas dengan pengembalian berkisar antara 8-12%, dan sewa kantor berkisar 7-10%, dan retail seperti kios dan toko sebesar 5-9%.

5. Anda harus memilih pengembang yang memiliki reputasi di bisnis properti.
Bagi calon investor, penting untuk melihat kualitas pengembang agar investasi yang ditanamkan bisa menghasilkan. Ketepatan waktu, kualitas, dan ketepatan sesuai kontrak harus menjadi pertimbangan utama.

6. Perhatikan fasilitas
Berbagai fasilitas umum ini juga sebaiknya dilengkapi dengan tersedianya mal. Karena keberadaan mal penting untuk menjamin tersedianya semua kebutuhan anda sebagai pemilik maupun penghuni apartemen nantinya. Dalam satu mal, anda tidak perlu jauh-jauh jika ingin berbelanja, makan, berolahraga, mengunjungi sarana bermain anak, hingga menonton film layar lebar.

7. Pilih kawasan yang aman
Keamanan tentu nomor satu bagi anda, tempat tinggal yang aman dengan security system dan petugas tentu akan menjadikan anda lebih nyaman untuk menempatinya begitu pula dengan orang yang lain yang akan berlomba untuk menempati kawasan tersebut.

8. Perhatikan juga status tanah
Ini hal yang tidak boleh dilupakan, untuk status tanah di apartemen tersebut. Jika anda lengah, anda bisa saja menempati lahan sengketa atau merupakan sewa lahan. Pastikan dokumen properti tersebut tidak bermasalah, coba meminta bantuan notaris atau pemerintahan setempat sebelum melakukan transaksi.

Demikian 8 Tips cermat memilih properti yang menguntungkan, semoga dengan adanya tips ini dapat menjadi pedoman anda saat memilih properti, agar properti yang anda beli nantinya cocok sesuai yang diharapakan dan tentunya menguntukan bagi anda.



Posting Komentar

 
Top
close
Banner iklan disini